DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
SILABUS PEMBELAJARAN
SILABUS
Madrasah : MTs
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : IX/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran | · Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan · Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial · Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran | · Tanya jawab tentang sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan · Membuat peta konsep sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial · Mendiskusikan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran | · Mengidentifikasi sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan · Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial · Mengidentifikasikan sejarah masuknya Islam di Nusantara pengajaran | TesTulis Karya Tes lisan | 4 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2. SKI Toha Putra 3. SKI Tiga Serangkai 4. Ensiklopedia islam |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa Sumatra dan Sulawesi | · Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa · Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra · Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi | · Mencermati cerita sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa · Membuat peta konsep tentang sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra dan Sulawesi · Berdiskusi tentang sejarah beberapa kerajaan Islam di sumatra dan Sulawesi | · Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa · Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra · Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam Sulawesi | TesTulis Penugasan Tes unjuk kerja | 4 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2. SKI Toha Putra 3. SKI Tiga Serangkai 4. Ensiklopedia Islam |
1.3.Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia | · Para Tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia · Peran para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia | · Mendiskusikan para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia · Menunjukkan peran para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia | · Mengklasifikasi tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia · Menunjukkan peran para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia | Tes lisan Tes unjuk kerja | 4 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Ensiklopedia Islam |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.4.Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia | · Semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia · Kisah keladanan para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia | · Menganalisa keteladanan para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia · Mengidentifikasi keteladanan semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia | · Menelaah keteladanan para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia · Mengklasifikasi keteladanan semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia | TesTulis Tes unjuk kerja | 4 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4.Ensiklopedia Islam |
Mengetahui, Kepala Madrasah Suhardi Achwan, S.Ag NIP. | | Pantenan, Juli 2010 Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam Khoirotun, S.Ag NIP. |
DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
SILABUS PEMBELAJARAN
SILABUS
Madrasah : MTs
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/Semester : IX / II
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
2.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam | · Seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam · Perbedaan seni budaya lokal dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam | · Mengidentifikasi seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam · Berdiskusi tentang seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam | · Menjelaskan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam · Mengidentifikasi seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam | Penugasan Penugasan | 4 X 40’ | 1. Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4. Sejarah Indonesia 5.Ensiklopedia Islam |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
2.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara | · Apresiasi tradisi kesukuan Nusantara · Apresiasi upacara adat kesukuan Nusantara | · Mencari contoh tradisi kesukuan Nusantra · Mengidentifikasi upacara adat kesukuan Nusantara | · Menunjukkan contoh tradisi kesukuan Nusantra · Mengklasifikasi upacara adat kesukuan Nusantara | TesTulis Tes unjuk kerja | 4 X 40’ | 1.Buku SKI Depag 2.SKI Toha Putra 3.SKI Tiga Serangkai 4. Sejarah Indonesia 5.Ensiklopedia Islam |
Mengetahui, Kepala Madrasah Suhardi Achwan, S.Ag NIP. | | Pantenan, Juli 2010 Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam Khoirotun, S.Ag NIP. |
0 komentar:
Posting Komentar